Fahd A Rafiq Mendukung Kongres Pembangkit Listrik Tenaga Air ‘Powering Sustainable Growth’ di Bali

Fahd A Rafiq Mendukung Kongres Pembangkit Listrik Tenaga Air ‘Powering Sustainable Growth’ di Bali

Penyelenggaraan World Hydropower Congress di Nusa Dua, Bali, yang akan berlangsung dari 31 Oktober hingga 2 November 2023. Dalam konferensi di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Menparekraf menekankan bahwa kongres ini, yang bertema “Powering Sustainable Growth,” diharapkan mampu menghasilkan solusi dan inovasi yang mendukung pariwisata berkelanjutan dan ekonomi hijau. Acara ini juga diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara, dengan lebih dari 1000 delegasi dan 175 pembicara tingkat tinggi dari 120 negara yang hadir, menjadikannya kongres pertama yang diadakan secara fisik setelah pandemi COVID-19.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq menyampaikan bahwa saat ini langkah yang dilakukan dengan adanya konferensi Internasional yang akan berlangsung di Bali menjadi salah satu strategi mengatasi perubahan iklim.

“Perubahan iklim yang tengah terjadi saat ini memperingatkan kembali bahwa harus adanya strategi yang harus diterapkan untuk mengatasi masalah ini, salah satu caranya yaitu melindungi lingkungannya sendiri yang merupakan cara terdekat untuk melakukan penanggulangan perubahan iklim.” Ujar Fahd A Rafiq, Kamis (19/10).

Tema kongres ini sejalan dengan visi pengembangan pariwisata Indonesia yang menekankan keberlanjutan lingkungan. Kemenparekraf memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan kongres MICE internasional dalam skala besar ini, dari tahap penawaran hingga promosi melalui media sosial.

“Peningkatan yang akan dilakukan ini bukan hanya upaya mengatasi perubahan iklim namun juga mendorong pengembangan pariwisata di Indonesia dengan adanya promosi hingga visi yang dihadirkan acara World Hydropower Congress di Nusa Dua ini.” Ujar Fahd A Rafiq, Kamis (19/10).

President Designate of International Hydropower Association (IHA), Malcolm Turnbull, menyoroti pentingnya air sebagai sumber energi terbarukan tanpa emisi. Dia berharap kongres ini dapat membujuk pemangku kepentingan di seluruh dunia untuk beralih ke energi terbarukan guna mengurangi emisi karbon.

Kongres “Powering Sustainable Growth” ini menjadi wadah penting yang mengumpulkan pemimpin industri dan ahli energi air dari seluruh dunia untuk berdiskusi mengenai solusi berkelanjutan dalam menghadapi perubahan iklim dan memajukan penggunaan sumber energi terbarukan.