Fahd A Rafiq Mendukung MotoGP Musim 2024 di Mandalika Agar Membantu UMKM Sekitar Sirkuit Mandalika

Fahd A Rafiq Mendukung MotoGP Musim 2024 di Mandalika Agar Membantu UMKM Sekitar Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah MotoGP musim 2024, sebagaimana diumumkan oleh MotoGP. Ini adalah ketiga kalinya sirkuit ini dipilih untuk menjadi tempat para pembalap internasional bersaing memperebutkan gelar juara, setelah MotoGP pertama yang digelar pada tahun 2022 di Indonesia.

Ketua Umum DPP Bapera, Fahd A Rafiq, mendukung adanya MotoGP 2024 diadakan di Mandalika kembali karena dapat meningkatkan pemasukan umkm sekitar Sirkuit Mandalika, Lombok.

“MotoGP 2024 ini pastinya akan meningkatkan ekonomi di Lombok tepatnya di sekitar Sirkuit Mandalika, dimana UMKM sekitarnya pasti akan mengalami peningkatan penjualan” Ujar Fahd A Rafiq, Senin (2/10).

Sirkuit Mandalika terletak di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan acara MotoGP dijadwalkan berlangsung pada tanggal 27 hingga 29 September 2024. Pada edisi tahun sebelumnya, pembalap pabrikan Red Bull KTM, Miguel Oliveira, keluar sebagai juara.

Untuk tahun ini, MotoGP 2023 Mandalika akan digelar pada tanggal 13 hingga 15 Oktober. Ini akan menjadi awal dari perjalanan MotoGP musim ini, dimulai dari Sirkuit Internasional Lusail, Qatar, pada awal Maret. Qatar akan menjadi tuan rumah pertama dalam rangkaian 22 Grand Prix yang direncanakan.

Tahun 2024 juga akan menjadi awal transisi MotoGP menuju penggunaan bahan bakar berkelanjutan 100 persen. Mulai tahun depan, bahan bakar yang digunakan harus minimal 40 persen berasal dari sumber non-fosil, dan ini akan meningkat menjadi 100 persen pada tahun 2027.

“Perkembangan dari MotoGP ini juga nantinya akan membuat greener life atau kehidupan yang lebih hijau karena semakin ke depan misi penghijauan juga akan dilakukan dari sektor kendaraan” Ujar Fahd A Rafiq, Senin (2/10).

Kalender MotoGP 2024 tetap mengikuti format regional, dengan Grand Prix dikelompokkan secara geografis untuk meningkatkan efisiensi logistik dalam pengiriman barang dan personel di seluruh dunia.

Musim ini akan terdiri dari 22 balapan, dengan jeda musim panas setelah 11 balapan pertama, dan 11 balapan sisanya. Setelah balapan di Qatar, para pembalap akan melanjutkan ke sirkuit-sirkuit menarik seperti Algarve (Portugal), Argentina, Amerika Serikat, Jerez (Spanyol), Prancis, Catalunya (Spanyol), Mugello (Italia), Kazakhstan, Belanda, dan Jerman. Ajang MotoGP semakin menarik dengan berbagai inovasi dan tantangan baru di setiap musimnya.

Penulis : Ahmad G