Fahd A Rafiq Yakin Festival Indonesia di Melbourne, Dorong Perekonomian Tanah Air

Fahd A Rafiq Yakin Festival Indonesia di Melbourne, Dorong Perekonomian Tanah Air

Festival Indonesia 2023 di Melbourne, Australia, kembali menghadirkan Forum Bisnis untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Dengan tema “Starting the Conversation on Indonesia’s Sustainable Economy”, forum bisnis ditujukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan yang ramah lingkungan, dan bertanggung jawab sosial.

Forum Bisnis akan diselenggarakan pada 6 Oktober 2023 di Conversation Quarter, State Library Victoria. Forum ini akan dihadiri oleh Duta Besar RI untuk Australia di Canberra, Siswo Pramono, dan perwakilan dari the Indonesian Investment Promotion Centre (IIPC) di Sydney.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd A Rafiq, Meyakini dengan adanya Festival Indonesia di Melbourne Australia, dengan menghadirkan kembali forum bisnis untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Tanah Air.

“Festival Indonesia kembali menghadirkan forum bisnis di Melbourne, Autralia, saya yakin dengan hadirnya kembali forum bisnis ini agar mendorong pertumbuhan ekonomi di Tanah Air, yang ditunjukan untuk pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, diketahui menurut data Biro Statistik Australia, Perdagangan RI terhadap Australia Januari-Setember 2022 mencapai target 2,61 M Dollar Australia.” Ujar Fahd A Rafiq Jumat, (15/9).

“Kita harapkan dengan hadirnya kembali Forum Bisnis ini dapat terus memajukan ekonomi di Tanah Air, dan kerja sama kedua negara dapat terus terjalin kedepannya, dan semoga para pelaku usaha di Australia berminat untuk melakukan investasi dengan pelaku usaha di Tanah Air.” Tutup Fahd A Rafiq.

Forum Bisnis ditargetkan bisa dihadiri oleh para pelaku usaha di Australia yang berminat melakukan pengembangan bisnis maupun investasi dengan pelaku usaha terkait di Indonesia. Untuk memfasilitasi pertemuan secara langsung para pelaku bisnis tersebut, Festival Indonesia juga akan menyelenggarakan B2B Matchmaking di tempat dan waktu yang bersamaan.

Berdasarkan Biro Statistik Australia (Australian Bureau of Statistics), Perdagangan RI dengan negara bagian Victoria dan Tasmania pada Januari-September 2022 mencapai 2,61 miliar dollar Australia. Dari nilai perdagangan tersebut, Indonesia surplus 385,93 juta dollar Austalia dengan komoditas ekspor utama urea, receiver TV berwarna, minyak bumi, dan cocoa butter.\

Festival Indonesia tahun ini diselenggarakan oleh komunitas Indonesia di Melbourne yang tergabung dalam Festival Indonesia Incorporated dan didukung oleh Konsulat Jenderal RI di Melbourne. FI 2023 juga bekerjasama dengan Garuda Indonesia dan disponsori oleh Xendit, IIPC Sydney, Kabo Lawyers, dan didukung Atase Perdagangan RI di Canberra dan Indonesian Culinary Asssociation in Victoria (ICAV).

Penulis : FNID