Presiden Jokowi Kunjungan Kerja ke Kenya, Fahd A Rafiq : Rencana Kerjasama di Tiga Sektor

Presiden Jokowi Kunjungan Kerja ke Kenya, Fahd A Rafiq : Rencana Kerjasama di Tiga Sektor

residen Joko Widodo melakukan kunjungan kenegaraan kepada Presiden Republik Kenya, William Ruto, di State House, Nairobi, Republik Kenya, pada Senin, 21 Agustus 2023.Tiba sekira pukul 10.00 waktu setempat (WS) atau 14.00 WIB, Presiden Jokowi disambut oleh Presiden William Ruto di halaman depan State House.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq, menyampaikan setelah Presiden Jokowi melakukan kunjungan kenegaraan ke Kenya, pada Senin, 21 Agustus 2023. Bertemu langsung dengan Presiden Kenya William Ruto. Presiden Jokowi berencana akan melakukan kerjasama kedua negara.

“Presiden Jokowi melakukan kunjungan kenegaraan ke Kenya, kedua negara akan melakukan kerjasama bilateral, diketahui bahwa kerjasama itu dari beberapa sektor, terutama perdagangan, investasi, dan kesehatan.” Ujar Fahd A Rafiq.

Fahd A Rafiq juga menambahkan, “Dalam terjalinnya kerjasama tersebut, kedua negara bisa saling memperkuat kerjasama dibeberapa sektor, saya harapkan semoga kerjasama sektor perdagangan, investasi, dan kesehatan antara Indonesia dengan Kenya dapat terus terjalin dan menguntungkan masing-masing negara.” Tutupnya

Poin-poin yang ditekankan oleh Presiden Jokowi dalam kerjasama dengan Kenya adalah terbagi menjadi 3 sektor, yaitu :

  • Sektor perdagangan. Presiden Jokowi menyebut perdagangan RI dan Kenya mencapai US$507 juta dolar pada 2022. Ke depan, perdagangan antara kedua negara akan diperluas dengan penjajakan berbagai peluang.
  • Kerja sama terkait investasi di sektor energi. Presiden Jokowi menyebut Indonesia berkomitmen meningkatkan investasi sektor energi di Kenya melalui PT Pertamina (Persero).
  • Kerja sama di sektor farmasi antara Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia dan Kenya serta antara Bio Farma dengan Generics Africa Ltd terkait vaksin dan produk farmasi.

Kedua pemimpin negara menyaksikan proses penandatanganan dan pertukaran nota kesepahaman kerja sama kedua negara. Presiden Jokowi menekankan Kenya adalah sahabat penting bagi Indonesia. Dia siap memperkuat kerja sama Indonesia dan Kenya.

Penulis : FNID