Presiden Jokowi Resmikan Sodetan Ciliwung, Fahd A Rafiq: Semoga Banjir Jakarta Teratasi

Presiden Jokowi Resmikan Sodetan Ciliwung, Fahd A Rafiq: Semoga Banjir Jakarta Teratasi

Presiden Joko Widodo telah meresmikan Sodetan Ciliwung, Jakarta Timur Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT), Senin (31/07/23). Pembangunan sodetan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mengatasi banjir di Jakarta.

“Urusan Sodetan Ciliwung ini sudah bertahun-tahun, sudah hampir 11 tahun dan hari ini alhamdulillah selesai. Ini bisa menyelesaikan paling tidak enam kelurahan enggak banjir lagi,” ujar Presiden Senin (31/7/23).

Presiden Jokowi menekankan bahwa penanganan banjir di Jakarta harus dilakukan secara komprehensif dari hulu hingga ke hilir. Sebelum peresmian sodetan ini, pada penghujung tahun 2022 Presiden telah terlebih dahulu meresmikan Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi yang terletak di kawasan Bogor.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq menyampaikan, setelah peresmian Sodetan Ciliwung oleh Presiden Jokowi pada senin kemarin, ini merupakan langkah pemerintah untuk mengatasi banjir di Jakarta.

“Presiden Jokowi telah meresmikan Sodetan Ciliwung, di Kanal Banjir Timur (KBT) senin kemarin, pembangunan sodetan ini merupakan upaya pemerintah mengatasi banjir yang ada di Jakarta, saya harapkan setelah pemerintah membangun sodetan ini, semoga banjir yang ada di beberapa wilayah di Jakarta dapat teratasi.” Ujar Fahd A Rafiq (1/8/23).

Fahd A Rafiq juga menambahkan, “Pembangunan Sodetan ini sudah memakan waktu selama 11 tahun, kita harapkan bersama setelah selama itu akhirnya dapat terselesaikan juga dan segera juga untuk mengurangi banjir yang ada di beberapa wilayah, dan diketahui Presiden Jokowi juga  menyebutkan masih ada 12 sungai lainnya yang harus ditangani secara baik, semoga dapat diselesaikan secara lancar dan cepat.” Tutup Fahd A Rafiq.

Pembangunan Sodetan Ciliwung  berupa terowongan sepanjang 1.268 meter dengan dua jalur pipa masing-masing berdiameter 3,5 meter, berfungsi untuk mengalirkan sebagian debit banjir Sungai Ciliwung menuju Kanal Banjir Timur (KBT) dan Kali Cipinang.

Sodetan Sungai Ciliwung merupakan bagian dari rencana induk sistem pengendalian banjir (flood control) Ibu Kota Jakarta dari hulu hingga hilir.

Penulis : FNID