TNI Siapkan Pesawat untuk Modifikasi Cuaca, Fahd A Rafiq: Antisipasi Kekeringan Dampak El Nino

TNI Siapkan Pesawat untuk Modifikasi Cuaca, Fahd A Rafiq: Antisipasi Kekeringan Dampak El Nino

Palingma TNI Laksamana Yudo Margono, menyiapkan beberapa unit pesawat dari TNI Angkatan Udara (AU) untuk mendukung operasional Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dalam rangka mengantisipasi bencana kekeringan saat memasuki musim kemarau.

“Kita akan melaksanakan bantuan untuk TMC atau modifikasi cuaca, dari TNI AU kita sudah siapkan, yang melaksanakan kan nanti BNPB itu,” ucap Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono di Sesko TNI, Kota Bandung, Senin, 24 Juni 2023.

Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz A Rafiq menyampaikan, bahwa TNI telah mengantisipasi untuk menyiapkan beberapa unit pesawat dari TNI Angkatan Udara untuk mendukung operasional Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC), pesan itu disampaikan langsung oleh Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. Hal tersebut adalah untuk mencegah kekeringan dampak El Nino yang diprediksi BMKG akan terjadi dibulan Agustus sampai September.

“Melalui Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, TNI mengambil langkah untuk mengantisipasi kekeringan dampak musim kemarau atau fenomena El Nino, diketahui yang disampaikan oleh Laksaman Yudo Margono TNI akan menyiapkan beberapa unit pesawat dari TNI Angkatan Udara untuk mendukung operasional Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).” Ujar Fahd A Rafiq.

Fahd A Rafiq juga menambahkan, “semoga disiapkannya unit pesawat untuk melakukan TMC oleh TNI dapat mengatasi kekeringan dampak dari musim kemarau untuk beberapa daerah yang sudah ditargetkan oleh BMKG, TNI juga melibatkan BMKG dan BNPB untuk melakukan TMC.” Tutup Fahd A Rafiq.

Dalam melakukan TMC, Palingma TNI Laksaman Yudo Margono menyampaikan, TNI akan terlebih dahulu melakukan koordinasi bersama instansi terkait yaitu BMKG. Analisis akan dilakukan terlebih dahulu guna mendapatkan data yang akurat terkait wilayah dengan potensi kekeringan.

Penulis : FNID